Sembilan Karyawan Alami Luka di Ledakan Kilang Minyak Pertamina Dumai

Dumai Minggu, 02 April 2023 - 04:36 WIB
Sembilan Karyawan Alami Luka di Ledakan Kilang Minyak Pertamina Dumai

Kilang minyak PT Pertamina di Kota Dumai meledak

ENAMPULUH.COM, DUMAI -- Pasca terjadinya ledakan keras di kilang minyak PT Pertamina Internasional Refenery Unit (RU) II Dumai, Provinsi Riau, kini api dilokasi tersebut telah berhasil dipadamkan. Adapun sumber ledakan itu, yakni dari kompresor kilang minyak tersebut.

Diketahui, peristiwa ledakan yang membuat kobaran api itu, terjadi pada Sabtu (1/4/2023) sekitar pukul 22.44 WIB. Tak butuh waktu lama, 'si jago merah' berhasil dipadamkan pada pukul 22.54 WIB.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi saat dikonfirmasi mengatakan, ledakan yang membuat sebagian langit Kota Dumai memerah itu, dikarenakan kompresor kilang minyak.

"Setelah dilakukan pengecekan, ledakan dan kebakaran itu akibat dari kompresor kilang minyak," ujarnya, Ahad (2/4/2023) dini hari.

Akibat ledakan itu, dilanjutkannya, sebanyak sembilan orang mengalami luka-luka. Tidak hanya itu, sejumlah bangunan yang berada di lokasi kejadian, mengalami rusak akibat dentuman ledakan tersebut.

"Tadi dari informasi RS (Rumah Sakit) Pertamina, korban ada 9 orang. Mereka merupakan karyawan di kilang (minyak) RU II Dumai," ungkap Kapolres Dumai.

"Dampak lainnya beberapa rumah warga retak. Kemudian kaca pecah," sambungnya.

Diterangkannya, akibat dampak itu, sejumlah warga protes dan melakukan aksi ke perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu. Pihaknya pun melakukan mediasi.

"Disepakati bahwa akan ada tim atau perwakilan masyarakat yang mendata. Mana saja yang mengalami kerusakan, korban jiwa atau luka dan akan dilaporkan besok pagi," terangnya.

Reporter :Rizano