Istri dan Anak Sekdaprov Pamer Harta di Medsos, Kajati Riau: Kalau Ada Laporan Ditelilti

Prov. Riau Selasa, 21 Maret 2023 - 13:15 WIB
Istri dan Anak Sekdaprov Pamer Harta di Medsos, Kajati Riau: Kalau Ada Laporan Ditelilti

Kajati Riau Dr Supardi

ENAMPULUH.COM, PEKANBARU -- Keluarga Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto pamer kekayaan kini menjadi sorotan publik. Sang istri dan anak dari mantan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Riau itu menjadi bulan-bulanan netizen karena pamer harta atau flexing di media sosial (Medsos).

Istri SF Hariyanto pamer harta itu diunggah oleh akun twitter @PartaiSocmed. Meskipun SF Hariyanto sudah memberikan klarifikasi, persoalan tersebut makin panjang, karena ada dalih apa yang dipakai istrinya adalah barang KW atau tiruan. 

Terlepas dari hal itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau Dr Supardi mengingatkan siapapun agar tidak vulgar memamerkan harta kekayaan. 

"Siapapun itu," tegas mantan Direktur Penyidikan (Dirdik) pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) itu, Selasa (21/3/2023).

Terkait istri pejabat pamer kekayaan tersebut, Supardi menyatakan bukan haknya memberi peringatan.

"Itu domainnya pimpinan Satker masing-masing (Gubernur)," jelas Supardi. 

Menurutnya, pihaknya akan bertindak melakukan penyelidikan jika ada peristiwa pendahulunya atau laporan. Dari sana, pihaknya bisa melakukan pendalaman. 

"Kalau orang punya harta, praduga tak bersalah, intinya ada peristiwa, kita membuktikan, bukan orang itu yang membuktikan," terang Supardi. 

Supardi menjelaskan, kejaksaan punya pintu masuk kalau ada asbabun nuzul atau laporan ke pihaknya. Kalau tidak ada itu, dia menyebut sama saja dengan menzolimi. 

"Kalau ada laporan, ya diteliti. Tapi jangan ngarang-ngarang," jelas Supardi. 

Adanya kejadian keluarga SF Hariyanto pamer kekayaan menjadi pelajaran bagi semua pihak, khususnya kepada pegawai kejaksaan. 

"Jaksa Agung mengingatkan pola hidup, silahkan punya harta, gak usah ditonjolkan. Karena banyak yang menampilkan di Medsos. Kejaksaan Agung sudah mewanti-wanti," tegas Supardi.

Wagubri Tegur SF Hariyanto

Disisi lain, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengaku sudah menegur langsung SF Hariyanto, terkait istri dan anaknya yang suka flexing di Medsos.

"Secara langsung sudah saya sampaikan kepada beliau. Dan Sekda Riau juga sudah menyampaikan klarifikasinya kemarin," kata Edy Natar Nasution.

Mantan Danrem 031/ Wirabima itu juga mengingatkan kepada seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, jangan ada yang suka pamer harta. 

"Bahwa memang itu tidak pada tempatnya, terlebih lagi jika itu dilakukan oleh pejabat atau ASN," ujarnya.

Selain itu, Edy Natar juga mendukung atas intruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), jangan suka pamer-pamer harta. 

"Kita mendukung apa yang disampaikan oleh pimpinan yang diatas. Hendaknya ini menjadi pembelajaran bagi kita semua," tuturnya. 

Sebelumnya, SF Hariyanto sudah membantah bahwa sejumlah benda yang ditampilkan istrinya di media sosial merupakan barang tiruan KW. Dia menyebut kejadian itu terjadi pada 2017 hingga 2019 atau sebelum dia menjadi Sekda Riau. 

SF Hariyanto juga membantah liburan istrinya ke luar negeri menggunakan banyak uang. Dia menyebut perjalanan ke luar negeri itu memakai tiket promo dengan kisaran harga Rp14 juta untuk 7 hari. 

SF Hariyanto tak lupa mengingatkan masyarakat bijak terhadap informasi yang beredar di media sosial. Dia meminta masyarakat tidak memperbesar masalah ini karena istrinya baru saja menjalani operasi tulang punggung.

Reporter :Rizano