Datangi Kejati Riau, BPK RI Sampaikan 3 Poin Laporan Keuangan

Prov. Riau Senin, 28 November 2022 - 16:07 WIB
Datangi Kejati Riau, BPK RI Sampaikan 3 Poin Laporan Keuangan

Wakil Kajati Riau Akmal Abbas, saat menerima kunjungan kerja BPK RI

ENAMPULUH.COM, PEKANBARU -- Korps Adhyaksa Riau melakukan rapat bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI), Senin (28/11/2022) siang. Bertempat di aula Video Conference (Vicon) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, rapat itu digelar dalam rangka pemeriksaan interim Laporan Keuangan Kejaksaan RI tahun 2022.

Dalam rapat itu dihadiri oleh Wakil Kepala Kejati Riau Akmal Abbas SH MH, Ketua Sub Tim 1 BPK RI Susilo Yuwono SE CFE, para Asisten pada Kejati Riau, para Kepala Seksi (Kasi) di Bidang Pengawasan Kejati Riau, Kasubag Keuangan dan staf, PPK Kejati Riau tahun 2022, pemeriksaan keuangan, dan auditor Kejati Riau.

Akmal Abbas dalam sambutannya, menyambut baik kedatangan tim dari BPK RI tersebut. Ia pun berterima kasih atas petunjuk dan rekomendasi dari tim BPK RI.

"Saya ucapkan terima kasih banyak atas petunjuk dan rekomendasi yang disampaikan, telah memotivasi segenap Satker (Satuan Kerja) di lingkungan Kejati Riau untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Semua ini demi penyempurnaan praktek pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan agar menjadi lebih baik lagi," ucap Akmal.

Sementara itu, Susilo Yuwono menerangkan, bahwa tujuan dalam pemeriksaan interim adalah untuk memutakhirkan profil risiko, serta pengendalian internal dalam proses penyusunan Laporan Keuangan (LK) Kejaksaan Tahun Anggaran (TA) 2022.

"Bahwa ada tiga sasaran dan fokus pemeriksaan yang dilakukan. Yaitu pertama, profil risiko dalam proses penyusunan LK Kejaksaan TA 2022 dan pengendalian internalnya, termasuk risiko yang ditimbulkan dari sistem informasi dan aplikasi yang digunakan dalam proses penyusunan LK Kejaksaan TA 2022. Kemudian yang kedua, temuan pemeriksaan pada tahun-tahun sebelumnya, khususnya pemeriksaan yang mempengaruhi opini LKKL (Laporan Keuangan Kementerian Lembaga). Dan yang ketiga yaitu, pengujian substantif transaksi siklus pendapatan dan belanja sampai dengan Triwulan III Tahun 2022 pada Satker di lingkungan Kejati Riau," terangnya.

Reporter :Rizano





HPN 2022 - Polres Rohil

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.