Terkait Bahan Pangan dan Transportasi Barang

Asisten Intelijen Kejati Riau Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah

Prov. Riau Jumat, 30 September 2022 - 23:06 WIB
Asisten Intelijen Kejati Riau Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah

Asisten Intelijen Kejati Riau Raharjo Budi Kisnanto (kanan), saat menyampaikan masukan terkait pengendalian inflasi daerah

ENAMPULUH.COM, PEKANBARU -- Pemerintah Provinsi Riau menggelar rapat koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi daerah terkait bahan pangan dan transportasi barang. Rakor ini dihadiri Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Raharjo Budi Kisnanto SH MH.

Kegiatan itu berlangsung pada Jumat (30/9/2022) di Balai Serindit Aula Gubernuran, Jalan Diponegoro. Yang mana, Rakor itu dipimpin langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar.

Turut hadir Danrem Wira Bima Brigadir Jenderal TNI Parlindungan Hutagalung, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto dan Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Firman Darmansyah SIK.

Dalam Rakor itu, Syamsuar menyampaikan bahwa berbagai pihak seperti dinas dan swasta akan bersama-sama dalam mengatasi Inflasi yang mengakibatkan kenaikan BBM serta kenaikan uang transport. Gubernur berharap ketersediaan bahan pokok dapat tercukupi.

Pada kesempatan itu, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung menyampaikan, untuk mengatasi inflasi daerah di Provinsi Riau seperti ketika menghadapi situasi pandemi  Covid-19, perlunya informasi dan support agar dapat mengambil langkah cepat dalam mengambil keputusan.

"Dan segala bentuk stok barang (bahan pangan) dapat disegerakan pendistribusiannya, sehingga tidak ada kekosongan bahan makanan," jelas Parlindungan.

Disisi lain, Raharjo Budi Kisnanto menyampaikan bahwa, dalam pengendalian inflasi daerah sesuai dengan hukum gossen. Pertama, yaitu harga barang ditentukan oleh penawaran dan permintaan (supply and demand), sehingga apabila terjadi kekurangan stok barang (bahan pangan) di Provinsi Riau

"Agar dapat dicukupi dengan mendatangkan barang (bahan pangan) tersebut dari luar Provinsi Riau," terang Raharjo.

Asisten Intelijen Kejati Riau itu juga menyinggung mengenai izin galian golongan C supaya dipermudah.

"Sehingga dapat menambah pemasukan pendapatan daerah (PAD) khususnya di Provinsi Riau," tuturnya.

Reporter :Rizano