Ketua RT Diminta Aktif Mendata Warga Jelang Pemilu 2024

Politik Minggu, 20 November 2022 - 20:57 WIB
Ketua RT Diminta Aktif Mendata Warga Jelang Pemilu 2024

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun

ENAMPULUH.COM, PEKANBARU -- Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, meminta camat dan lurah bisa mendorong para RT dan RW di lingkungan masing-masing untuk bisa menyukseskan penyelenggaraan Pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang. 

Para ketua RT juga diminta aktif mendata warga baru dan warga yang meninggal dunia jelang Pemilu 2024. Pasalnya, dua permasalahan ini selalu dijadikan polemik saat Pemilu.

Warga diminta melaporkan kematian anggota keluarganya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, untuk pembaharuan data kependudukan. 

"Agar kami bisa menghapus warga yang sudah meninggal dunia dari sistem," kata Muflihun, Ahad (20/11/2022). 

Menurutnya, dalam kurun waktu dua tahun ini harus dimanfaatkan. Para ketua RT harus berperan untuk mengetahui masyarakatnya. Para camat dan lurah harus berkoordinasi dengan para ketua RT. Mereka bisa melakukan validasi data untuk persiapan Pemilu mendatang.

Selain itu tahun depan, pemerintah kota sudah memulai program pemberian santunan kematian bagi warga. Dengan program ini, surat kematian warga langsung diurus. 

"Biar valid data warga di satu RT itu. Para ketua RT harus paham dengan lingkungannya dengan secara aktif mendata warga baru dan yang sudah meninggal dunia," terang Muflihun. 

Dia menambahkan, para ketua RT juga harus paham dengan batas wilayahnya. Semua batas wilayah bisa diinformasikan ke warga. 

"Mulai saat ini, kita harus berpatokan pada KTP. Saya harap tidak ada lagi masalah batas wilayah pada 2024. Dasar pemilih itu adalah KTP. Bagi warga yang belum memiliki KTP Pekanbaru, urus mulai dari sekarang," tegas Muflihun

Pemko Pekanbaru juga telah menyiapkan anggaran bagi KPU dan Bawaslu pada tahun 2023 nanti sebagai bentuk dukungan Pemilu serentak 2024. Untuk tahun depan Pemko Pekanbaru menganggarkan sebesar Rp3,4 miliar untuk dua lembaga penyelenggara pemilu ini. ***

Editor : Redaksi





HPN 2022 - Polres Rohil

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.