Taja Sosialiasi Digital Marketing

Mahasiswa KKN UMRI Ajak Pelaku UMKM Manfaatkan Pasar Digital

Pekanbaru Selasa, 27 September 2022 - 21:57 WIB
Mahasiswa KKN UMRI Ajak Pelaku UMKM Manfaatkan Pasar Digital

Pelaku UMKM di Kelurahan Rejosari mengikuti sosialisasi

ENAMPULUH.COM, PEKANBARU --Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah (UMRI) Kelompok 16, menggelar sosialisasi program kerja pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di lingkungan masyarakat Kelurahan Rejosari, Tenayan Raya, Ahad (25/9/2022) sore.

Sosialisasi ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha produknya melalui digital marketing, dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku usaha di Kelurahan Rejosari.

Alya Rahma Putri, selaku Humas Mahasiswa KKN UMRI Kelompok 16  dalam sosialisasi ini menjelaskan, permasalahan umum yang kerap dihadapi pelaku UMKM dalam memasarkan produk secara digital, hingga cara mudah menggunakan sosial media.

“Kami berharap para pelaku UMKM di Kecamatan Tenayan Raya, khususnya di Kelurahan Rejosari dapat lebih berani untuk mengembangkan usahanya dengan digital marketing, untuk menjangkau pasar lebih luas,” ucapnya.

Dalam penyampaian materinya, Alya memaparkan mengenai beberapa situs jual beli online yang dapat digunakan, diantaranya adalah Shoope, Instagram, dan Facebook. Selain itu ia juga menjelaskan terkait pentingnya penggunaan media sosial dalam mempromosikan sebuah produk.

“Pada era modern seperti sekarang ini akan lebih baik apabila kita sebagai pelaku usaha mengikuti perkembangan zaman, dengan mengubah strategi pemasaran menggunakan platform-platform digital karena dapat menjangkau target pasar yang lebih luas,” paparnya.

Sementara, Muhammad Sohib selaku penanggungjawab kegiatan menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru kepada pelaku UMKM mengenai pengembangan UMKM di Kelurahan Rejosari, khususnya di bidang pemasaran secara digital. 

Selain itu, sosialisasi ini diharapkan juga memberikan output kepada para pelaku UMKM dalam meningkatkan produksi dan pemasaran secara digital dengan memanfaatkan platform digital yang saat ini sering digunakan masyarakat. 

Sosialisasi disambut antusias oleh puluhan pelaku UMKM di Kelurahan Rejosari. 

"Kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM di wilayah kami, untuk memasarkan produk usaha secara marketing digital," kata Yanti, salah seorang peserta sosialisasi.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN UMRI yang telah memberi bekal kepada pelaku UMKM di wilayah nya untuk meningkatkan penjualan. 

"Terima kasih kepada mahasiswa KKN UMRI semoga ilmu ini bermanfaat,” pungkas ibu yang memiliki usaha kuliner ini. ***

Penulis : R. Alfitra (kknumrirejosari)

Editor : Redaksi





HPN 2022 - Polres Rohil

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.