Usai dari Jalan Tol, Jokowi Resmikan SPALDT Pekanbaru

Nasional Jumat, 31 Mei 2024 - 16:15 WIB
Usai dari Jalan Tol, Jokowi Resmikan SPALDT Pekanbaru

Jokowi bersama Pj Gubernur Riau SF Hariyanto

PEKANBARU, ENAMPULUH.COM -- Usai meresmikan jalan tol yang berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Joko Widodo (Jokowi) kembali melanjutkan kegiatannya di Kota Pekanbaru, Jumat (31/5/2024). Di Ibu Kota Provinsi Riau, Presiden Republik Indonesia itu kembali meresmikan kembali sebuah proyek besar.

Proyek yang dimaksud adalah Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALDT) yang berada di Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Menurut Jokowi, SPALDT tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjaga lingkungan air, menjaga kualitas air tanah, hingga menjaga air baku yang dimiliki.

"Sistem pengelolaan air limbah ini sudah mulai dikerjakan tahun 2020 dan menelan biaya tidak sedikit, Rp902 miliar," ucap Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menjelaskan, pembiayaan proyek SPALDT itu, menggunakan dana dari Asian Development Bank (ADB), APBN dan APBD. 

"Berkat kerja keras semua pihak yang sama-sama bergerak, apa yang diinginkannya akhirnya bisa diselesaikan," jelasnya.

Kepala Negara Republik Indonesia itu menerangkan, kapasitas SPALDT bisa menampung sampai 8 ribu meter kubik perhari. Dengan jaringan pemipaan untuk masuk ke rumah tangga, bisa mencapai 11 ribu sambungan.

"Ini sangat baik. Sehingga air baku, kualitas air yang ada di Pekanbaru bisa kita kelola di masa-masa yang akan datang," terangnya.

Jokowi meminta, agar infrastruktur ini bisa betul-betul dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas layanan air di kota Pekanbaru.

Reporter :Redaksi