Kadiskes Akui Capaian Vaksinasi Booster Dua di Pekanbaru Rendah

Kesehatan Kamis, 15 September 2022 - 22:31 WIB
Kadiskes Akui Capaian Vaksinasi Booster Dua di Pekanbaru Rendah

Kadiskes Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi (foto/net)

ENAMPULUH.COM, PEKANBARU -- Pemberian vaksin Covid-19 dosis empat atau booster kedua telah berlangsung di Kota Pekanbaru. Sasaran pertama vaksinasi booster dua ini adalah para tenaga kesehatan (Nakes). 

Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat, total nakes yang ada di Ibukota Provinsi Riau ini mencapai 11.053 orang. Belum sepenuhnya dari para nakes ini yang telah menjalani vaksin booster dua. 

Kepala Diskes Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, nakes yang sudah suntik vaksin booster dua masih sekitar 1.800 orang atau baru 16,55 persen dari total jumlah nakes.

"Untuk nakes yang sudah booster kedua masih sedikit ya, masih 16,56 persen. Kalau jumlahnya itu 1.800 orang," kata Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (15/9/2022). 

Menurut Zaini, adapun yang menjadi penyebab rendahnya vaksinasi booster tahap kedua bagi nakes ini adalah karena keterbatasan vaksin. Para nakes menunggu jenis vaksin tertentu sesuai dengan jenis yang disuntik pada dosis tiga. 

Mayoritas dari mereka jalani vaksin dosis tiga dengan vaksin jenis Moderna. Makan sebagian dari mereka masih menunggu Vaksin Moderna karena jenis vaksin yang terbatas. 

"Walaupun saat ini Moderna belum ada dan sebenarnya memang dari Kementerian sudah membolehkan untuk yang booster pertama atau Vaksin ketiga itu pakai Moderna, tetap boleh menggunakan jenis vaksin yang lain seperti Pfizer untuk booster keduanya," terangnya. 

Zaini mengaku, saat ini pihaknya memang sudah mengajukan penambahan untuk vaksin jenis Moderna. Namun stok di pusat habis, sehingga pihaknya masih menunggu.

"Tapi walaupun demikian, karena stok Pfizer kita banyak, maka ini yang akan kita maksimalkan dulu," jelasnya.

Dirinya menambahkan, target vaksinasi booster kedua untuk nakes, diupayakan hingga akhir tahun minimal sudah 80 persen Nakes tervaksin booster kedua.

Nakes menjadi prioritas penerima booster dua dikarenakan mereka garda terdepan dalam penanganan covid-19 dan bersentuhan langsung dengan yang terpapar. 

"Targetnya itu untuk Nakes, kita upayakan bisa minimal 80 persen hingga akhir tahun sudah tervaksinasi," pungkasnya. ***

Editor :Redaksi