Kejari Bengkalis Hentikan Penuntutan Terhadap Tersangka Dibawah Umur Berdasarkan Diversi 

Hukum Kriminal Kamis, 20 Juni 2024 - 21:20 WIB
Kejari Bengkalis Hentikan Penuntutan Terhadap Tersangka Dibawah Umur Berdasarkan Diversi 

BENGKALIS, ENAMPULUH.COM - Korps Adhyaksa Kabupaten Bengkalis melakukan penghentian penuntutan berdasarkan Diversi terhadap seorang tersangka yang masih dibawah umur berinisial RMH, yang menjadi tersangka pencurian sepeda motor. Penghentian penuntutan tersebut, berdasarkan Surat Ketetapan No Print: 1511/ l.4.13/ Eoh.2/ 06/ 2024, yang dibacakan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Dr Sri Odit Megonondo SH MH, Kamis (20/6/2024).

"RMH disangkakan melanggar Pasal 362 KUHP Jo Undang-undang No 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Yang mana sesuai dengan hasil musyawarah Diversi serta penetapan Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Nomor: 8/ Pen.Dib/ 2024/ PN. Bls tanggal 19 Juni 2024 yang menetapkan bahwa, memerintahkan Penuntut Umum untuk menghentikan proses penyidikan dalam perkara tersebut," ujar pria yang akrab disapa Odit itu.

Dengan telah dihentikannya penuntutan berdasarkan Diversi itu, orang tua RMH yang hadir dalam proses tersebut, menyampaikan apresiasi dan mengucapkan rasa berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kejari Bengkalis dan korban.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Kajari Bengkalis dan juga ibu Sylvia, yang menjadi korban atas perbuatan anak saya, mau memaafkan anak saya," ujar ayah RMH, Samsuri.

"Alhamdulillah anak saya bisa sekolah lagi," sambungnya.

Dalam proses penghentian penuntutan berdasarkan Diversi itu, turut dihadiri Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Marulitua Johanes Sitanggang SH dan Kasi Intelijen Herdianto SH. Kegiatan yang berlangsung di ruang Tahap II Tindak Pidana Umum Kejari Bengkalis.

Reporter :Redaksi
Editor :Redaksi