Polisi Sita Rp3,2 Miliar dari Bandar Narkoba Internasional

Hukum Kriminal Senin, 28 November 2022 - 18:57 WIB
Polisi Sita Rp3,2 Miliar dari Bandar Narkoba Internasional

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pria Budi bersama Kasat Resnarkoba Kompol Manapar Situmeang menunjukkan barang bukti

ENAMPULUH.COM, PEKANBARU -- Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Pekanbaru, meringkus seorang pria inisial RAM (25), diduga sebagai bandar narkoba. Ia disergap di rumah orang tuanya di wilayah Mandau, Kabupaten Bengkalis. 

Hasil penggeledahan, petugas menyita sejumlah barang bukti berupa uang tunai miliaran rupiah, satu unit mobil mewah dan dua handphone (HP). 

"Dari pengungkapan ini, kita berhasil mengamankan uang tunai Rp3,2 miliar, satu unit mobil jenis Honda Civic Turbo," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi, yang didampingi Kasat Narkoba Kompol Manapar Situmeang, saat gelar ekspose pengungkapan, Senin (28/11/2022).

Dijelaskan Pria Budi, uang tunai ini merupakan dari hasil serangkaian transaksi narkoba sejak tahun 2021 lalu. Penangkapan pelaku ini lanjut Kapolresta, merupakan hasil dari penelusuran atas pengungkapan kasus dengan barang bukti empat kilogram sabu dan 45 ribu butir pil ekstasi beberapa waktu lalu. 

"Uang ini berkaitan serangkaian pengungkapan narkoba sebelumnya. Uang ini ditemukan di rumah pelaku RAM di Mandau. Ini masih dikembangkan terkait tindak pidana pencucian uang (TPPU)," terang Kapolresta. 

Saat ini Satresnarkoba masih melakukan pengejaran terhadap satu orang pelaku lainnya berinisial R. 

"Jadi pengungkapan sebelumnya (6 bulan lalu) bosnya ini adalah RAM. Pelaku RAM ini merupakan bandar internasional," jelas Pria Budi. 

"Uang Rp3,2 miliar ini apakah hasil penjualan narkoba atau uang pembayaran narkoba yang sudah dibeli, untuk pastinya masih kita kembangkan," tutup Pria Budi. 

Terhadap pelaku RAM, dijerat Pasal 114 Ayat 2 atau pasal 112 Ayat 2 Jo 132 UU RI No 35 Tahun 2009. Untuk TPPU nya, Pasal 345 UU RI No 8 tahun 2010. ***

Editor : Redaksi





HPN 2022 - Polres Rohil

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.