Penyidikan TPPU Narkoba Kelompok Mansur Irawan Belum Rampung

Hukum Kriminal Senin, 26 September 2022 - 18:55 WIB
Penyidikan TPPU Narkoba Kelompok Mansur Irawan Belum Rampung

Kombes Pol Yos Guntur Yudi Fauris Susanto

ENAMPULUH.COM, PEKANBARU -- Sejumlah pesakitan perkara dugaan penyeludupan Narkoba kelompok 'Mansur Irawan' di Rokan Hilir (Rohil), masih menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Pekanbaru. Sementara itu, untuk penyidikan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan Polda Riau, hingga kini belum rampung.

Adapun para pesakitan yang sebelumnya diamankan jajaran Polda Riau itu adalah Mansur Irawan, Suhendri, Satria, Ridwan dan Hendrik Suherman. Terhadap mereka dihadirkan ke persidangan dengan penuntutan secara terpisah.

Penyidik pada Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Riau pernah berjanji akan 'memiskinkan' pelaku yang terlibat peredaran Narkoba dengan menerapkan TPPU. Termasuk terhadap Mansur Irawan dan kawan-kawan.

Kombes Pol Yos Guntur Yudi Fauris Susanto saat dikonfirmasi mengatakan, terkait dengan penyidikan TPPU, prosesnya masih berjalan. Pihaknya saat ini masih melakukan penyidikan perkara TPPU-nya.

"Iya, lagi berjalan," ujar Kombes Pol Yos Guntur, Senin (26/9/2022).

Proses penyidikan itu, diyakini terkait dengan upaya pengumpulan alat bukti. Termasuk juga upaya pemberkasan.

"Sudah (SPDP TPPU dikirimkan ke Kejaksaan)," pungkas mantan Kapolresta Barelang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) itu.

Sebelumnya, Polda Riau menyatakan akan menjerat seorang diduga bandar narkotika dengan TPPU. Adapun bandar dimaksud adalah Mansur Irawan asal Provinsi Sumatra Utara (Sumut). Selain harta benda, polisi juga mengamankan beberapa pengedar yang terlibat dalam jaringannya.

Pengungkapan itu bermula pada Kamis (27/1/2022). Dimana, polisi menggerebek sebuah rumah di Jalan Nuansa Desa Bahtera Makmur Kecamatan Bagansinembah, Rohil. Saat itu Mansur berhasil kabur, namun beberapa anggotanya berhasil ditangkap termasuk abang kandungnya Hendrik.

Dari rumah itu berhasil mengamankan dua orang, yaitu Satria dan Ridwan, serta 8 bungkus plastik bening berisikan serpihan kristal diduga sabu. Tim juga mengamankan laki-laki yang merupakan abang kandung Mansur.

Pengejaran terhadap Mansur terus dilakukan, hingga akhirnya berhasil ditangkap pada Selasa (15/3/2022). Mansur diringkus saat berada di sebuah ruko Lisa Queen di Jalan Lintas Sumatera KM 34 Bambu Kuning Desa Bahtera Makmur Kecamatan Bagansinembah, Rohil.

Polisi menyita harta benda miliknya yang disinyalir hasil dari bisnisnya itu, yakni berupa satu unit mobil Jeep Wrangler Rubicon, Nissan Terrano, Mitsubishi Pajero Sport Dakar, Ford Ranger serta tiga unit sepeda motor dan uang tunai ratusan juta. Ada juga beberapa bundel surat kepemilikan tanah berupa Surat Keterangan Ganti Rugi (SKRG).

Reporter :Rizano





HPN 2022 - Polres Rohil

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.